lautan Terdalam di Dunia

1. Palung Mariana
Lebih dikenal sebagai titik terdalam di permukaan bumi, parit ini terletak di Samudera Pasifik, di Challenger Deep. Terletak pada kedalaman sekitar 10,91 km atau 11.033 meter di bawah permukaan laut, parit ini berjalan sejauh 2.550 kilometer, di suatu tempat di bawah hamparan air yang terbentang antara Australia dan Jepang.



2. Tonga Trench
Dekat di belakang parit terdalam terletak Tonga Trench yang terletak sekitar 10.882 m di bawah permukaan laut. Hadir di Samudera Pasifik juga, inilah kedalaman terdalam kedua lautan yang telah dieksplorasi melalui usaha manusia.

3. Kuril-Kamchatka Trench
Bagian samudera terdalam lainnya milik Samudera Pasifik, parit ini terletak pada kedalaman yang cukup dari ketinggian 10.500 m di bawah permukaan laut.

Berbaring dekat dengan Pulau Kuril dan di lepas pantai Kamchatka, parit ini bertanggung jawab atas banyak aktivitas vulkanik di hamparan laut di wilayah ini.

4. Parit Filipina
Pada kedalaman 10, 540 m, parit ini membuat bagian terdalam keempat lautan di dunia dan Samudera Pasifik.

5. Kermadec Trench
Parit laut dalam lainnya tergeletak di Samudra Pasifik adalah Kermadec Trench pada kedalaman 10.047 m menjadikannya bagian terdalam kelima dari lautan.

Ini berjalan sekitar seribu kilometer sebelum akhirnya bergabung dengan rantai Seamount Louisville.
Share

0 komentar:

Posting Komentar