5 sungai terpanjang

5
Sungai Yenisei
Sungai Yenisei
Yenisei, juga ditulis sebagai Yenisey, adalah sistem sungai terbesar yang mengalir ke Samudera Arktik. Meningkat di Mongolia, mengikuti jalur utara ke Teluk Yenisei di Laut Kara, menguras sebagian besar Siberia pusat, arus terpanjang mengikuti sistem sungai Yenisei-Angara-Selenga-Ider.

4
Sungai Mississippi
Sungai Mississippi
Sungai Mississippi adalah sungai utama dari sistem sungai terbesar di Amerika Utara. Mengalir sepenuhnya di Amerika Serikat (meskipun cekungan drainasenya sampai ke Kanada), naik di Minnesota utara dan berkelok-kelok perlahan ke selatan sejauh 2.530 mil (4.070 km) ke Delta Sungai Mississippi di Teluk Meksiko. Dengan banyak anak sungai, DAS Mississippi mengalirkan semua atau sebagian dari 31 negara bagian AS dan 2 provinsi Kanada antara Pegunungan Rocky dan Appalachian.

3
sungai Yangtze
sungai Yangtze
Sungai Yangtze, atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia, dan yang terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini mengalir sepanjang 6.418 kilometer (3.988 mi) dari gletser di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Qinghai ke timur melintasi barat daya, tengah dan timur China sebelum mengosongkan Laut Cina Timur di Shanghai.

2
Sungai Amazon
Sungai Amazon
Sungai Amazon di Amerika Selatan adalah sungai terpanjang kedua di dunia. Namun, adalah sungai terbesar di dunia dengan volume dengan debit rata-rata lebih besar dari tujuh gabungan sungai terbesar berikutnya. Hal ini juga dianggap sebagai sungai terluas di dunia.

1
Nil
sungai Nil

Sungai Nil adalah sungai besar yang mengalir ke utara di Afrika bagian timur laut, yang umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjangnya 6,650 km (4,130 mil) dan berjalan melalui sepuluh negara di Sudan, Sudan Selatan, Burundi, Rwanda, Republik Demokratik Kongo, Tanzania, Kenya, Ethiopia, Uganda dan Mesir.
Share

0 komentar:

Posting Komentar